Kala Motivasi Mencapai Masa Kejayaannya

Selamat senja, teman-teman. Ini pukul 18.10 WIB. Akhirnya terputus juga tabiat saya menulis di waktu dini hari. Dan semoga saja, ini awal yang baik untuk lebih produktif mengisi blog ini, tanpa meninggalkan kewajiban di Motivasi yang tinggal seumur biji jagung. Haha

Di tulisan yang lalu, saya berjanji mau nulis tentang Jadi PU, Siapa Mau. Tapi berhubung materi saya belum mencukupi untuk itu, dan bunyi ‘klik’ di otak juga masih belum terdengar untuk menginstruksikan menuliskannya, maka saya mengembargo dulu tulisan itu (padahal niatnya habis pleno, mau segera ditulis, labil sekali saya ini, Haha).

Ketika satu demi satu pengurus mulai meninggalkan gedung UKM setelah pleno selesai, dan menyisakan empat cowok ‘Bau’ (ini kata-kata aning). Aura sekre jadi seperti yang sudah-sudah. Kepulan asap berhamburan, barang-barang berserakan-tak teratur, komputer sekre hidup dengan tayangan yang kontraproduktif (maksudnya gak buat belajar atau mengerjakan tugas Motivasi, melainkan nonton Cak Lontong). Sedangkan Printer baru masih terbungkus rapih tak ada yang menyentuhnya.

Kondisi ini masih sama sampai siang, sampai akhirnya Yohanes mulai tertarik untuk mengusik keterasingan sang printer. Akhirnya saya dan dia membuka printer seperti dua manusia purba yang menemukan api, kami sangat norak dan antusias mempelajari step by step untuk membuat printer itu bekerja. Tentu setelah membersihkan sekre terlebih dahulu, maklum ini kan hari minggu, jatahnya PU piket. Bukan karena saya ingin membersihkan sekre, hanya menuntaskan kewajiban saja, supaya saya punya hak dilancarkan, Haha

Setelah catrigde terpasang, dan print siap digunakan, dua bola mata kami seolah tak sabar menguji kemampuan print Epson PIXMA E410 ini. Dan jadilah kami mengetesnya sebelum ia resmi diterima sebagai bagian dari Motivasi. Ternyata ia bisa mencetak, mengkopi, dan menyecan. Lumayan lah, semoga mendukung kerja Motivasi tahun depan dan tidak jadi mainan anak-anak ‘alay’ dengan mencetak foto-foto artis idolanya buat ditaruh di kamar (emang budaya ini masih?). Haha

***

Ini tanggal 12 Desember, pukul 7.48 WIB. Kemarin tulisan saya tinggal, dan baru bisa melanjutkannya sekarang. Entah apa jadinya, menulis dengan break-break yang panjang. Semoga gak jadi aneh.

Eh, ini mana nyambungnya dengan judul, boi?

Wah, iya, ya. Tapi bentarlah, saya pingin menulis beberapa fakta di pleno kemarin.

Yang pertama adalah, para pengurus nampaknya dandan semua, wangi semua, mandi semua, entah itu yang cowok maupun cewek. Saya pun mandi sebelum pleno, tentu setelah dipaksa-paksa sinta untuk mandi dulu, saya belum mandi tiga hari terakhir, katanya. Haha

Yang kedua, banyak pengurus yang sakit atau gejala sakit. Dari Bukhori yang giginya berlubang, Badru yang pura-pura demam, Aristi yang tangannya panas, Sinung yang masih pucat, dan saya, juga beberapa pengurus yang lain terserang pilek. Dua pengurus yang terlihat bahagia dan tak sakit-sakitan adalah Sylva dan Venny. Kasih tau kita lah, tips biar tetep sehat di cuaca yang ambigu ini.

Yang ketiga, lagi-lagi, Shofia menjadi masyarakat Motivasi yang masuk dalam barisan mereka yang datang paling awal, walaupun sebelumnya sudah ada Riama datang dan membersihkan sekre, tapi tetap saja dia masuk barisan tepat waktu, kan. Kemarin ketika Upgrading, dia juga menjadi peserta pertama yang hadir di sekre (contoh nih Shofia, cerminan kalau anak persma sudah sepatutnya taat waktu, Haha).

Yang keempat, Susu Mbok Sri mewarnai pleno kita kali ini. Kalau dulu mah gak ada yang kayak gini, siang-siang ketika pleno pada minum susu. Haha. Bagus. Suatu perubahan yang dinamis.

Yang terakhir adalah intan sebagai pemimpin sedang tetap 2, mengerjai Yohanes yang mengkritiknya karena main-main dengan spidol sidang.

“Tolong dong pimsid, itu spidol sidang suci, jangan dibuat main-main!” kata Yohanes.

Tapi dasarnya intan memang suka bercanda, dijawablah. “Ini bukan spidol sidang, ini spidolnya mbak sinung.” katanya sambil menunjukan spidol sidang yang tergeletak tak dimainin.

BOOM! Semua peserta tertawa. Hahaha.

***

Baiklah, cukup basa-basinya. Mari serius. Ketika saya melihat foto-foto PU terdahulu di dinding sekre, lalu majalah-majalah terdahulu, lalu PU lagi, ke majalah lagi, dan begitu terus sampai 33 kali. Saya menemukan ide mengenai masa kejayaan Motivasi. Pertanyaan yang muncul adalah, kapan dan dengan kondisi seperti apa, Motivasi bisa dikatakan mencapai masa kejayaannya? Entah itu Motivasi secara internal, hubungan antara pengurus yang kompak, atau tingkat kepercayaan masyarakat kampus ke Motivasi yang tingi, atau banyaknya berita Motivasi yang membuat perubahan, atau semakin banyaknya mahasiswa baru yang ingin masuk Motivasi, atau dinamisnya mahasiswa UNS dengan isu-isu yang diangkat Motivasi, mereka sudah tidak lagi apatis karena membaca berita Motivasi, atau ada indikator-indikator lainnya?

Saya hampir tidak bisa membayangkannya sendirian. Saya butuh imajinasi kalian semua, wahai saudara seperguruanku. Oleh karena itu, saya menantang kalian semua untuk menulis mengenai, seperti apakah Motivasi ketika mencapai masa kejayaannya? Di sini.

Imajinasi saya hanya sampai pada ketika Motivasi dikenal luas dan beritanya memberikan perubahan di kampus kita tercinta ini. Selebihnya saya gak kuat lagi membayangkannya. Saya merasa orang-orang mudalah (emang saya tua?) yang punya visi-visi yang besar. Maksud saya, kalian yang selanjutnya bakal melanjutkan Motivasi lah yang lebih mampu mengimajinasikan Motivasi mencapai kejayaannya. Kalianlah pemimpi-pemimpi selanjutnya, mahasiswa-mahasiswa utopis selanjutnya, yang membuat keseimbangan di kampus ini yang banyak di isi oleh mahasiswa tanpa mimpi, yang penting lulus dan dapet kerja.

Ya, sepertinya menulis dengan break yang agak panjang tidak bagus. Saya rasa tulisan kali ini jadi aneh. Jadi mari akhiri saja. Dan ya, tantangan ini terbuka untuk siapa saja. Dari staf, kabiro, bahkan pemimpin bidang. Dari yang mainannya tumblr, blogspot, wordpress, bahkan yang gak main apa-apa, sangat dibolehkan mengikutinya. Dan satu lagi, setelah kemarin diskusi dengan Venny dan Sylva, hadiah bagi pemenangnya, bakal ada dua pemenang, pemenang pertama mendapat mie dog-dog, dan pemenang kedua mendapat es teh. Haha

Untuk tema, syarat dan ketentuan, serta yang lain-lain bisa di lihat di sini.

Dan tentunya bagi semua tulisan yang masuk, akan di pamerkan di blog ini hloo. Jadi silahkan menuliskan imajinasi kalian ketika Motivasi mencapai masa kejayaannya.

Sekian dulu dari saya, kurang-lebihnya saya mohon maaf, Wassalam mualaikum wr. wb.

Salam persma!

 

Leave a Reply

