Tantangan Menulis!

ok

Untuk semua pengurus, saya menantang kalian semua untuk menuliskan opini mengenai seperti apa Motivasi di masa kejayaannya. Dari yang masih staf, Kabiro (baca: para calon pemimpin Motivasi), dan bahkan para Pemimpin bidang. Bawa wacana kalian tentang Motivasi yang ideal sebagai organisasi persma, dan yang jauh lebih penting sosok pemimpin seperti apa yang cocok untuk memimpin Motivasi tahun depan, yang mampu membawa Motivasi mencapai masa kejayaannya (ini pas untuk staf, tapi bukan berarti kalian harus menulis ini. silakan pilih sub-tema sesuka kalian).

Dan agar kalian tidak kebingungan untuk menulis opininya, berikut sedikit saya jabarkan mengenai tantangan ini.

Buatlah opini, bebas jumlah karakternya, mau 1000 karakter saja atau malah 10.000 karakter, silakan eksplor sendiri, buat proses penulisan opinimu senyaman mungkin. Hilangkan anggapan bahwa tulisan yang bagus selalu tulisan yang panjang, hilangkan. Tulisan yang pendek tapi padat berisi jauh lebih baik, ketimbang panjang sekali tapi kosong, tanpa arah tujuan. Namun bukan berarti yang panjang selalu kosong, bukan.

Sangat dibebaskan gaya penulisanmu. Mau yang tegas mengupas atau kritis-puitis, atau kau punya gaya sendiri, bebas, boi! Mau ngutip dari buku, jurnal, atau laman internet, atau buku curhat Motivasi, atau malah gak ngutip sama sekali, silakan!

Mengenai sub-tema, maksud dari Motivasi Ideal secara organisasi adalah tentang bagaimana struktur yang ada di Motivasi itu bisa bekerja secara ideal. Sebagai contohnya, menurut kalian redaksi seharusnya seperti ini, litbang harus seperti itu, atau perusahaan harus seperti apa. Atau kalian tertarik untuk melihat secara umum dan menuliskan seharusnya Motivasi seperti yang kalian pikirkan, silahkan! Sub-tema ini cocok untuk kalian mewacanakan apa yang kalian ingini di bidang kalian saat ini yang belum ada.

Selanjutnya sub-tema tentang Motivasi ideal secara pemberitaan, maksudnya adalah bagaimana seharusnya berita-berita Motivasi. Haruskah judul-judulnya selalu melawan atau menurut kalian bisa lebih santai dan satire seperti tempo, atau malah seharusnya Motivasi punya gaya sendiri-jangan mengekor media mainstream. Pun dengan isu-isunya, harusnya isu Motivasi lebih luas lagi ke Solo, atau sebaiknya Motivasi fokus di kampus saja. Bebaskanlah imajinasimu! Walaupun ini terkesan hanya bagi anak-anak redaksi, patahkan mitos itu dengan menulis opini kalian yang merasa bukan dari bidang redaksi.

Dan yang terakhir, perihal Pemimpin yang ideal untuk Motivasi selanjutnya. Yang ini tidak usah saya jelaskan. Silakan tuangkan keinginan kalian, jika besok mengurus Motivasi ingin dipimpin oleh sosok seperti apa, oleh orang yang bagaimana.

Mas, saya masih bingung mau nulis apa?

Oke, silakan abaikan tema dan sub-tema di pamflet. Tulislah keinginan kalian di Motivasi. Atau uneg-uneg kalian selama di Motivasi. Bisa juga kalau kalian masih sangat bingung, boleh sekali curhatan kalian tentang Motivasi saat ini, kalian tulis dan kirim. Haha

Dan lagi, jika kalian merasa lebih mudah mengekspresikan pendapat melalui puisi atau cerpen, silakan kirim karya hasil berpikir kalian ini. Bebas, bebaskan diri kalian untuk menulis. Jangan buat tema, atau apapun itu membuat kalian jadi merasa nggak bisa nulis. Silakan eksplor dan bebaskan pikiran kalian, ciptakan momen nyaman kalian untuk menuangkan buah pikiran kalian dalam bentuk tulisan. Oke?!

***

Ada hadiah buat tulisan terfavorit, bukan yang terbaik. Dan tiap ada tulisan yang masuk ke email saya (dari tgl. 11-14 desember), akan langsung saya post di blog ini untuk melihat bagaimana antusias pengurus terhadap tulisan kalian.  Jadi silakan buat opini kalian, dan tunjukan pada dunia, kita ini yang bisa! (apasih, ga jelas, haha).

Ya, silakan berimajinasi!

Kutunggu tulisanmu, boi! Di lutfiboi.wordpress.com tentunya. Haha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s